Kamis, 07 Februari 2013

Ulama' yang mengharumkan nama Islam

Inilah sebagian Ulama' yang mengharumkan nama Islam. Ulama' yang tidak menuntut satu apapun baik "hak paten" atau "upeti" dari temuan atau hasil pemikiran mereka. Dan orang-orang barat kemudian mencuri karya-karya tersebut dan di "patenkan" atas nama mereka sendiri.


1. Abu Ali Al-Hasan bin Haitam (965-1040 M)haitam.jpg

Yang lebih dikenal dengan nama Alhazen dan dijuluki sebagai "Bapak Ilmu Optik" beliaulah yang mempengaruhi dan menjadi sumber pemikiran John Keppler dan Roger Bacon sehingga mereka bisa menciptakan Mikroskop dan Teleskop.



2. Al-Battani (850-923 M)battani.jpg

Nama beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Jabir bin Sinan Al-Battani namun lebih dikenal dengan Al-Battani atau Albatenius. Orang pertama yang berhasil menghitung panjang 1 tahun Matahari yaitu 365 hari, 5 jam, 46 menit, 24 detik. Hasil tersebut sangat mendekati hasil hitungan sekarang yang menggunakan alat modern dan canggih. Mengetahui jarak Bumi dengan Matahari. Penemu alat ukur gravitasi, alat ukur garis lintang, busur bumi dengan ketelitian sampai 3 desimai. Menerangkan bahwa bumi berputar pada porosnya (jauh sebelum Galileo). Kitab karangannya yang paling terkenal adalah Al-Zij. Buku ini telah diterjemahkan dalam bahasa latin pada abad 12 (250 tahun setelah pengarang meninggal) dengan judul "De Scienta Stellerum u De Numeris Stellerum et Motibus oleh Plato dari Tripoli. Sedangkan terjemahan tertuanya masih ada di Vatikan.



3. Abu Bakar Muhammad Al-Razy (864-930 M)razy.jpg

Sang Ahli Kedokteran yang lebih dikenal dengan nama Rhazes yang mana salah satu penemuannya masih kita gunakan sampai saat ini yaitu Alkohol untuk medis. Pernah melakukan penelitian Al-Kimi yang di orang sekarang menyebutnya Kimia. Orang pertama yang membuat penjelasan tentang penyakita cacar, penemu penyakit "alergi asma". Pembuat peralatan seperti tabung, spatula dan Mortar.


4. Ibnu Nafis (1210-1288 M)nafis.jpg

Namanya ialah 'Alauddin Abu Hassan Ali Ibnu Abi Al- Hazm Al-Qurasi, Ilmuan pertama yang berhasil menggambarkan secara terperinci tentang sistem sirkulasi peredaran darah. Penemuan yang sempat diklaim oleh William Harvey hingga ahirnya terbongkar setelah karya Ibnu Nafis ditemukan di perpustakaan Berlin pada tahun 1924


5. Al-Khawarizmi (780-850 M)khawarizmi.jpg

Masih ingatkah anda dengan pelajaran Matematika bab Aljabar dan Trigonometri di sekolah dulu? Ya.. keduanya adalah hasil pemikiran Ulama' satu ini. Nama beliau adalah Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi yang orang Eropa menyebutnya Algorisma. Salah satu karyanya ialah kitab yang berjudul Al-Jabr wa Al-Muqabilah (Intregasi dan Persamaan). Beliaulah yang mengenalkan konsep sifat yang memuat tentang Sin, Cos, Tan yang hingga kini masih digunakan. Beliau juga ahli Astronomi yang pernah menyusun peta pada tahun 830 M bersama para Ahli Astronomi dari Bait Al-Hikmah. Orang yang pertama mengatakan bumi itu bulat jauh sebelum Galileo mengatakan hal itu.


6. Ibnu Sina (986-1037 M)ibnu-sina.jpg

Bapak Ilmu Kedokteran pengarang kitab Al-Qonun Al-Tib (The Canon of Medecine) Syaikh Al-Ra'is Abu Ali Husein bin Abdillah bin Hasan bin Ali bin Sina yang lebih dikenal dengan nama Avicenna Carter. Muslim kelahiran Persia yang telah hafal Al-Qur'an diusia 5 tahun dan memperoleh gelar Fisikawan diusia 18 tahun. Buku karangannya merupakan satu-satunya karya terbesar di bidang kedokterang sepanjang sejarah manusia. Sebuah mahakarya yang tak tergantikan hingga 700 tahun lamanya.


7. Ibnu Rushdi (1128-1198 M) ibnu-rushdi.jpg

Abu Walid Muhammad bin Rushdi yang lebih dikenal dengan nama Averroes. Seorang Qodli/Hakim dan Fisikawan di zamanya. Sebagian diantara karyanya ialah:
-Bidayat Al-Mujtahid (bidang Fiqh)-Kulliyaat fi At-Tib (bidang Kedokteran) -Fasl Al-Maqal fi Ma Ba'in Al-Hikmah wa Asy-Syari'at (bidang Falsafat)       



8. Al-Biruni (973-1048 M)biruni.jpg

Seorang Matematikawan, Astronom, Fisikawan, Penulis Ensiklopedia, Sejarawan, Ahli Farmasi yang lahir di Khawarazm Persia. Selain bahasa Arab dan Persia, beliau juga mengusai bahasa Yunani, Suriah dan Berber. Pada Usia 17 tahun beliau telah meneliti garis lintang untuk Kaht Khawarazm dan diusia 22 tahun beliau telah menulis beberapa hasil kerja termasuk proyeksi Peta "Kartografi". Beliau meneliti tentang radius bumi dengan hasil 6.339,6 kilometer yang mana hasil ini di ulang di Eropa pada abad 16 (600 tahun setelah beliau meninggal). Sebagian sumbangan beliau di bidang matematika ialah:
-Aritmatika Teoritis -Analisis Kombinatorial -Bilangan Irasional -Teori Perbandingan -Penemu teori yang saat ini kita menyebutnya dengan teori Archimedes -Sudut Segitiga       

                                                                                                    9. Abu Musa Jabir bin Hayyan (721-815 M)jabir.jpg

Orang barat memanggilnya Gebert. Seorang Ahli Fisika, Logika, Kedokteran, Falsafat, Mekanik dan lain sebagainya. Mempunyai alat Laboratorium Modern, sistem penyulingan air, identifikasi alkali, asam, garam, mengolah sulfur (belerang), soda api, asam nitrihidrokhlorik pelarut logam dan air raksa (jauh sebelum Mary Mercurie). Penyempurna proses kristalisasi, sublimasi, penguapan dan mengembangkan instrumen untuk melakukan itu semua.


10. Abu Wafa Muhammad bin Muhammad bin Yahya bin Ismail 
Buzjani (940-998 M)buzjani.jpg

Ahli Astronomi dan Matematika yang mempelajari pergerakan Bulan. Salah satu kawah di Bulan dinamakan dengan namanya. Salah satu kontribusinya dalam Matematika kususnya Trigonometri ialah mengembangkan fungsi Tangen dan mengembangkan metode menghitung tabel Trigonometri.


11. Abu Abdillah Muhammad Al-Idrisi (1099-1166 M)idris.jpg

Pencipta peta bola (globe) perak seberat 400 pound untuk Raja Roger ke-2 (sekarang daerah Italia) lengkap dengan membagi dunia dengan 7 iklim, laluan perdagangan, teluk, bandar-bandar besar serta gunung-gunung. Berabad-abad lamanya bangsa Eropa menggunakan peta Al-Idrisi dan salah satunya ialah Christoper Colombus. Karangannya yang terkenal adalah kitab berjudul Nuzhat Al-Mushtaq fi Ikhtiraq Al-Afaq (Kesenangan Bagi Orang-Orang yang Ingin Mengadakan Perjalanan Menembus Cakrawala). Karyanya telah diterjemahkan keberbagai bahasa seperti bahasa Spanyol, Perancis, Jerman dan Itali. Namun nama Al-Idris tidak tercantum di terjemahan tersebut.



12. Piri Reis/Kapten Piri (1465-1554 M)piri-reis.jpg

Nama lengkapnya Hadji Ahmed Muhiddin Piri. Reis/Rais berarti Kapten/Ketua. Orang pertama yang membuat peta terlengkap yang pernah ada. Di buat pada tahun 1513 M. Para ahli satelit pun terkejut melihat pemetaan hasis putra muslim ini. Peta yang dibuat di kulit rusa ukuran 90X65 cm itu benar-benar digambarkan secara detail. Bahkan hasil pemotretan dari luar angkasa yang menggunakan satelit canggih hasilnya sangat mirip dengat peta tersebut. Dulu peta itu tidak di percaya oleh para sejarawan, namun setelah hasil pemotretan dengan satelit di padukan dengan peta tersebut barulah terbukti kebenaran tentang apa yang di hasilkan oleh Ulama' satu ini.


13. Abu Al-'Iz bin Isma'il bin Al-Razaz Al-Jazari (1136-1206 M)jazari.jpg

"Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit dan membuat sebuah mesin". (Donald Hill ahli teknik mesin asal Inggris). Namanya Badi Al-Zaman Abulezz bin Alrazz Al-Jazari. Karangannya yang fenomenal ialah Al-Jami' Baim Al-Ilm wal Amal Al-Nafi' fi Sina'at Al-Hiyal. Pencipta mesin pertama yang menggunakan sistem "engkol" atau 3 abad sebelum Francesco di Giorgio Martini melakukannya. Padahal di Eropa sistem "engkol baru digunakan pada abad 15. Engkol merupakan temuan terbesar setelah roda.
Itulah setetes nama-nama Ulama' dari samudra para Ulama' yang telah mengharumkan nama Islam. Dan hasilnya tetap kita nikmati sampai saat ini. Mereka dapat mencapai seperti itu bukan tanpa kerja keras. Dari kecil mereka selalu berselimutkan ilmu. Dan yang sangat mengagumkan mereka semua tidak ahli di satu bidang, namun di semua bidang dapat mereka kuasai. Mereka ahli Fisika, Matematika, Astronomi apa lalu mereka melupakan agamanya? Tidak sama sekali., Hampir mereka semua Alim dalam agama, hafal Al-Qur'an sedari kecil. Sebenarnya dalam pelajaran agama/kitab-kitab para Ulama' salaf itu banyak yang membahas tentang semua itu. Kalau kita mau belajar tanpa di sekolah umum pun pelajaran tersebut ada. Hanya kitanya saja yang belum sampai pada tingkat tersebut lalu mengatakan, belajar agama tidak ahli Matematika, belajar agama tidak bisa jadi ahli Kimia. Semoga coretan singkat ini membawa manfaat bagi kita semua. Karena menyebut biografi Ulama' itu dapat menurunkan rahmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar