As Sayyid Al Habib Al Ustadz
Muhammad bin Husein
Inilah
ringkasan riwayat hidup As Sayyid Al Habib Al Ustadz Muhammad bin Husein bin
Ali bin Muhammad Ba’abud Al Alawi Al Husaini yang berhubungan dengan nasab
beliau, masa pertumbuhan beliau, keluarga beliau, masa pendidikan, serta jasa
beliau di dalam mengajarkan Al-Qur’an, bahasa Al-Qur’an, hukum-hukum syariat
islam, dan lain sebagainya. Semoga ALLAH SWT menjadikan ringkasan ini sebagai
‘ibroh yang bermanfaat bagi diri kita sekalian dan sebagai peringatan bagi anak
cucu beliau serta para kerabat dan murid beliau, amin. Allohumma amin.
Nasab beliau
dari pihak ayah :
Muhammad bin
Husein bin Ali bin Muhammad bin Abdurrahman bin Abdullah bin Zein bin Musyayakh
bin Alwi bin Abdullah bin Al Mu’allim Muhammad Ba’abud bin Abdullah yang
bergelar ‘Abud bin Muhammad Maghfun bin Abdurrahman Ba-buthoinah bin Ahmad bin
Alwi bin Al Faqih Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi yang dikenal dengan ‘Ammul
Faqih bin Syech Muhammad Shohib Mirbath bin Syech Ali Kholi’ Qosam bin Syech
Alwi bin Syech Muhammad bin Alwi bin Syech Ubaidillah bin Al Muhajir Ilallah
Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uroidhi bin Al Imam Ja’far
As-Shodiq bin Muhammad Al Baqir bin Al Imam Ali Zainal Abidin bin Al Husein
cucu Rasullullah dan buah hatinya bin Ali bin Abi Thalib wabnu Fatimah
Az-Zahroh putri Rasulullah SAW.
Adapun nasab
beliau dari pihak ibu adalah :
Muhammad bin
Ni’mah binti Hasyim bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin Aqil bin Syech bin
Abdurrahman bin Aqil bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin
Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi bin Muhammad Al Faqihil Muqoddam bin
Ali bin Muhammad Shohib Mirbath dan seterusnya sampai akhir nasab yang tersebut
diatas.
Sekilas
tentang ayah beliau :
Al Habib
Husein dilahirkan di “Bour”, Hadramaut pada tahun 1288 Hijriyah dari ayahnya Al
Habib Ali, seorang yang alim dan Waliyullah yang merupakan salah seorang murid
dari Al Habib Abdullah bin Husein bin Thohir dan Al Habib Abdullah bin Husein
bil Faqih. Sedangkan ibunya adalah As-Syarifah Muzenah binti Sayyid Muhammad
bin Abdullah bin Ja’far Alaydrus yang berasal dari daerah Tarbeh, Hadramaut.
Ketika usia
Al Habib Husein 3 tahun wafatlah ayah beliau yaitu pada tahun 1291 Hijriyah di
‘Ardh Kheleh, Bour, maka ibundanyalah yang memelihara beliau, adapun ibunda
beliau wafat pada tahun 1322 Hijriyah di kota Sewun yaitu yang ketika itu Al
Habib Husein telah berada di Jawa.
Al Habib
Husein dibesarkan di Bour dan belajar ilmu pada guru-guru disana, terutama
ialah Al Habib Zein bin Alwi Ba’abud. Pada usia 20 tahun Al Habib Husein
menikah dengan As-Syarifah Syifa’ binti As-Sayyid Abdullah bin Zein Ba’abud,
yang mana As-Syarifah Syifa’ tersebut wafat di masa hidup Al Habib Husein. Pada
tahun 1318 Hijriyah, berlayarlah Al Habib Husein ke Jawa, Indonesia dan berdiam
beberapa lama di rumah keponakan beliau Muhammad bin Ahmad bin Ali Ba’abud di
Surabaya.
Dan setelah
wafat keponakan beliau tersebut, Al Habib Hasyim bin Abdullah bin Yahya menulis
surat kepada Al Habib Husein yang ketika itu tinggal di Batu Pahat, Malaysia
dimana isi surat itu meminta kepada Al Habib Husein untuk kembali ke Indonesia
dan menikah dengan anak beliau yaitu janda dari keponakan Al Habib Husein
sendiri As-Syarifah Ni’mah, agar supaya Al Habib Husein memelihara anak –
anaknya yaitu Sidah, Abdurrahman dan Ahmad, oleh karena Al Habib Hasyim telah
mengetahui kebaikan budi pekerti Al Habib Husein dan memilihnya untuk menjadi
suami putrinya.
Maka
datanglah Al Habib Husein ke Surabaya dan menikahinya, dan Allah SWT mengaruniai
mereka berdua satu putra dan tujuh putri yaitu Muzenah, Alwiyah, Ruqoyyah,
Muhammad, Nur, Maryam, Aminah, dan Aisyah. Al Habib Husein adalah seorang
pedagang, beliau mempunyai sebuah toko dan mengirim barang-barang ke Sulawesi
dan Kalimantan pada langganan-langganan beliau.
Cara hidup
Al Habib Husein sangat sederhana, bersih, mengatur waktu sebaik-baiknya, tidur
agak sore dan bangun tengah malam untuk bertahajud, di waktu pagi hari pergi ke
toko sampai siang hari, beliau lazim sholat berjamaah di Masjid Ampel dan
setelah sholat Maghrib beliau lazim mebaca Al-Qur’an dan Rotibul Haddad bersama
anak-anaknya.
Beliau
sangat memuliakan tamu yang datang padanya dan disaat lain beliau gemar membaca
kitab-kitab atau menghadiri majlis pengajian Sayyidina Habib Abu Bakar bin Umar
bin Yahya di Surabaya, begitu pula beliau banyak mendapat faedah ilmu dari
mertuanya Al Habib Hasyim bin Abdullah bin Yahya yang terkenal kealimannya,
begitu juga daripada mufti Jakarta masa itu Al Habib Ustman bin Abdullah bin
Yahya adik dari mertua beliau apabila datang dari Jakarta ke Surabaya tinggal
di rumah beliau dan mengadakan majlis ta’lim dan pengajian selama ia tinggal di
Surabaya, dan banyak lagi majlis pengajian atau rouhah para ulama yang beliau
hadiri seperti majlis Al ‘Allamah As-Sayyid Yahya Al Mahdali Al Yamani, Majlis
Al Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi, Al Habib Muhammad bin Ahmad Al Muhdor,
Al Habib Ahmad bin Muhsin Al Haddar yang tinggal di kota Bangil, Majlis Al
Habib Alwi bin Thohir Al Haddad mufti Johor, Al Habib Abu Bakar bin Muhammad
Assegaf Gresik, dan Al Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi Kwitang Jakarta yang
mana ia adalah juga sahabat beliau semasa menuntut ilmu di Hadramaut,
rohimahumullahu ta’ala.
Ciri-ciri Al
Habib Husein diantaranya ialah beliau berparas tampan dan berkulit putih,
berhidung mancung dan berbadan tinggi, bersih pada badan dan pakaiannya. Akhlak
beliau murah hati, jujur, kasih sayang terutama pada fakir miskin dan anak-anak
kecil, beliau rajin di dalam berumah tangga serta menjunjung tinggi ahli ilmu,
dan beliau sering kali berkata pada istrinya dan juga keluarga bahwa ia memohon
kepada Allah dan mengharap supaya putra beliau yaitu Al Ustadz Muhammad menjadi
seorang yang mengajarkan ilmu, yang mana ALLAH SWT telah mengabulkan do’a tersebut.
Al Habib
Husein banyak berjasa diantaranya seringkali menjamin pendatang-pendatang baru
dari Hadramaut, terkadang memberi uang tanggungan, beliau sering memberi hutang
kepada orang yang membutuhkan lalu menghalalkannya, banyak bershodaqoh,
menderma untuk masjid ampel, dab beliau adalah sebagai salah satu pengurus
Madrasah Al Khoiriyyah Surabaya dan Robitothul Alawiyyah, yang mana beliau
bekerja secara jujur dan ikhlas.
Pada malam
Jum’at tanggal 3 Muharram 1376 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 9 Agustus
1956 pukul 10.20 Al Habib Husein pulang ke rahmatullah, banyak sekali para
pengantar jenazah beliau dari dalam dan luar kota lalu disembahyangkan di
Masjid Jami’ Lawang yang diimami oleh sahabat beliau Qodhi Arob di masa itu
yaitu Al Habib Ahmad bin Gholib Al Hamid, dan dimakamkan di pemakaman Bambangan
Lawang, rohimahullahu rohmatal abror.
Adapun
ibunda Al Ustadz Muhammad yaitu As-Syarifah Ni’mah dilahirkan di Surabaya pada
tahun 1288 Hijriyah dari seorang ayah yaitu Al Habib Hasyim bin Abdullah bin Aqil
bin Yahya, dan dari seorang ibu As-Syarifah Maryam binti Al Habib Abdurrahim
bin Abdullah Al Qodiri Al Djaelani keturunan daripada As-Syech Abdil Qodir Al
Djaelani.
Beliau
adalah putri bungsu Al Habib Hasyim, beliau tumbuh di sebuah rumah yang penuh ilmu
dan ibadah, yang mana ibunda beliau As-Syarifah Maryam mendapatkan ilmu dan
ketaqwaan berkat pendidikan ayahnya Al Habib Abdurrahim yang telah membawanya
ke negeri Haromain dan tinggal beberapa lama di Madinatul Munawwaroh dan
perjalanannya ke sebagian jazirah arab diantaranya Negeri Baghdad, maka
tumbuhlah As-Syarifah Ni’mah ini atas ketaatan dan ketaqwaan dan cinta ilmu,
lebih-lebih lagi paman beliau Al Habib Utsman bin Abdullah bin Yahya yang
sering datang ke Surabaya dan tinggal di rumahnya menjadikan beliau bertambah
ilmu dan cahaya.
Beliau
sangatlah menjaga sholatnya dan bangun akhir malam, membaca Al-Qur’an dan
dzikir-dzikir serta sholawat atas Nabi SAW, dan kebanyakan duduk-duduk beliau
dengan para tamunya perempuan berisikan masalah-masalah agama, nasehat-nasehat
atau membaca kitab-kitab, syair-syair dan hikayat-hikayat yang bermanfaat.
Beliau sangatlah menjaga diri, bersih, murah hati dan membantu suaminya di
dalam menerima tamu, bahkan setiap hari beliau membuat makanan-makanan untuk
persiapan jika datang tamu, lalu jika tidak ada tamu yang datang beliau
mengirimkan makanan tersebut ke Masjid yang dekat dengan rumahnya sebagai
sedekah untuk anaknya yang telah meninggal dunia dan para kerabat beliau,
khususnya kedua orang tua beliau.
As-Syarifah
Ni’mah pulang ke rahmatullah pada pagi hari Jum’at pukul 06.40 pada tanggal 5
Jumadil Ula tahun 1358 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 23 Juni 1939 Masehi,
dan dimakamkan di pemakaman Pegirian Surabaya di belakang makam ayahanda beliau
Al Habib Hasyim bin Abdullah bin Yahya, rohimahumullahu jami’an amin.
Demikianlah
sedikit tentang kedua orang tua Al Ustadz Muhammad bin Husein Ba’abud
Adapun
beliau Al Ustadz Muhammad dilahirkan di Surabaya daerah Ampel Masjid di sebuah
rumah keluarga yang dekat dengan Masjid Ampel sekitar 20 meter, pada malam Rabu
tanggal 9 Dzulhijjah tahun 1327 Hijriyyah. Menurut cerita ayahanda beliau bahwa
ibunda beliau saat melahirkan beliau mengalami kesukaran hingga pingsan, maka
ayahanda beliau bergegas mendatangi rumah Al Habib Abu Bakar bin Umar bin Yahya
yang memberikan air kepada ayahanda beliau untuk diminumkan pada ibunda beliau,
maka setelah diminumkannya air tersebut, dengan kekuasaan Allah ibunda beliau
melahirkan dengan selamat. Dan Al Habib Abu Bakar bin Yahya berpesan untuk
dilaksanakan sunnah aqiqoh dengan dua ekor kambing tanpa mengundang seseorang
pada waktu walimah kecuali sanak keluarga ibunda beliau saja, maka
terlaksanalah walimah tersebut dengan dihadiri oleh Al Habib Abu Bakar bin
Yahya, dan beliau pula lah yang memberi nama dengan nama “Muhammad” disertai
dengan pembacaan do’a – do’a dan fatihaah dari beliau.
Al Ustadz
Muhammad mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya dari masa kecilnya,
lebih – lebih ayahanda beliau sedikit memanjakan beliau dikarenakan beliau
adalah putra satu – satunya dan juga disebabkan firasat baik ibunda beliau
terhadap beliau. Lalu pada saat umur beliau 7 tahun adalah masa beliau
berkhitan, yang mana ayahanda beliau mengadakan walimah yang besar, dan setelah
itu ayahanda beliau memasukkan beliau di madrasah Al Mu’allim Abdullah Al
Maskati Al Qodir, hal ini sesuai isyaroh dari Al habib Abu Bakar bin Umar bin
Yahya, akan tetapi beliau tidak mendapat banyak dari Al Mu’allim Al Maskati
tersebut dan tidaklah lama masa belajar beliau disitu, kemudian ayahanda beliau
memasukkannya di madrasah Al Khoiriyyah. Dan dikarenakan pada masa itu susunan
pelajaran di dalam madrasah tidaklah seperti yang diharapkan, disebabkan oleh
tidak adanya kemampuan yang cukup bagi para pengajarnya, maka beliau merasa
tidak mendapatkan pelajaran kecuali hanya sedikit, akan tetapi setelah beliau
berada di kelas 4 terbukalah hati beliau untuk ilmu, terutama setelah datangnya
para tenaga pengajar dari Tarim Hadramaut, seperti guru beliau Al Habib Abdul
Qodir bin Ahmad bil Faqih dan Al Habib Hasan bin Abdullah Alkaf, ditambah
dengan adanya guru-guru yang mempunyai kemampuan yang cukup seperti Al Habib
Abdurrohman binahsan bin Syahab dan terutama oleh karena perhatian dari Al Arif
billah Sayyidinal Habib Muhammad bin Ahmad Al Muhdor, yang mana Al Ustadz
Muhammad merasakan berkat pandangan serta do’a-do’a beliau di dalam
majlis-majlis rouhahnya, dimana Al Ustadz Muhammad sangatlah rajin
menghadirinya, dan telah membaca beberapa kitab di hadapan beliau, juga
bernasyid “Rosyafat” gubahan Al Habib Abdurrohman bin Abdullah bil Faqih
dihadapan beliau bersama As Sayyid Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Yahya. Al
Habib Muhammad Al Muhdor sangat menyayangi beliau dan sering kali mendo’akan
beliau, maka ketika itulah beliau merasa mendapatkan futuh dan manfaat juga
barokah daripada belajar ilmu. Berlangsunglah masa belajar beliau di kelas 6
sampai hampir 6 tahun, dan di tengah-tengah masa belajar itu beliau sering
menggantikan tempat para guru-guru di dalam mengajar bilamana mereka berudzur
untuk datang mengajar.
Dan daripada
nasib baik bagi beliau yaitu pada akhir tahun ajaran tepatnya pada bulan
Sya’ban tahun 1343 Hijriyyah ketika para pelajar yang lulus menerima ijazah
kelulusan yang dibagikan langsung oleh Al Habib Muhammad bin Ahmad Al Muhdor,
beliau menerima ijazah dengan peringkat ke-satu dari seluruh pelajar yang lulus
waktu itu, bersamaan dengan itu Al Habib Muhammad Al Muhdor menghadiahkan
kepada beliau sebuah jam kantong yang bermerk “Sima”. Lalu Al Habib Muhammad Al
Muhdor mengusap-usap kepala dan dada beliau sambil mendo’akan beliau ketika Al
Habib Aqil bin Ahmad bin Aqil pengurus madrasah waktu itu memberitahukan bahwa
Al Ustadz Muhammad tahun itu akan diangkat menjadi guru di Al Madrosatul
Khoiriyyah. Setelah beliau menjadi guru di Madrosatul Khoiriyyah, disamping
mencurahkan tenaga di dalam memberikan pelajaran pagi dan sore di madrasah
beliau juga banyak sekali memberikan ceramah-ceramah di banyak tempat serta
menterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia ceramah-ceramah para
mubaligh Islam yang datang dari luar negeri seperti Ad Da’i As Syech Abdul Alim
As Shiddiqi dari India dan yang selainnnya. Rohimahumullahu ta’ala.
Dan inilah
diantara guru – guru beliau :
Di dalam
tasawwuf dan tarikh ialah ayahanda beliau Al Habib Husein bin Ali Ba’abud, di
dalam membaca dan menulis bahasa Arab As Syech Ali bin Ahmad Ba-bubay, di dalam
Al Qur’anul karim As Syech Abdullah bin Muhammad Ba Mazru’, dalam bahasa Arab,
Khot, Insya’, dan Hisab As Sayyid Abdurrohman binahsan bin Syahab, di dalam
fiqih, tafsir, tasawwuf, nahwu, dan ilmu balaghoh Al Habib Abdul Qodir bin
Ahmad bil Faqih, di dalam fiqih dan tajwid Al Habib Hasan bin Abdullah Alkaf,
di dalam nahwu dan hisab As Sayyid Ja’far bin Zein Aidid.
Selain
guru-guru ini masih banyak lagi dari golongan para wali dan alim ulama yang
beliau sering membaca kitab-kitab di hadapan mereka, dan kebanyakannya adalah
kitab-kitab hadits, tasawwuf, dan kitab-kitab karangan para salaf Alawiyyin.
Diantara para ulama tersebut adalah :
Al Habib Muhammad
bin Ahmad Al Muhdor dari Bondowoso, Al Habib Ali bin Abdurrohman Al Habsyi
Kwitang Jakarta, Al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik, Al Habib Al
Alamah Alwi bin Thohir Al Haddad Johor, Al Habib Thohir bin Ali Al Jufri, Al
Habib Ahmad bin Tholibul Athos Pekalongan, Al Habib Abdurrohman bin Zein
Ba’abud, dan Al Habib Zein bin Muhammad Ba’abud, rodhiallahuanhum.
Pada tahun
1348 Hijriyyah, tepatnya pada hari Kamis sore tanggal 22 bulan Robi’ust Tsani
ayahanda beliau menikahkan beliau dengan As Syarifah Aisyah binti As Sayyid
Husein bin Muhammad bil Faqih, walimatul aqad berlangsung di rumah ayahanda
beliau, dan yang menjadi wali adalah saudara kandung As Syarifah Aisyah yaitu
As Sayyid Syech bin Husein bil Faqih yang telah mewakilkan aqad kepada Qodhi
Arob di Surabaya masa itu yaitu Al Habib Ahmad bin Hasan bin Smith. Sedangkan
walimatul urs pada malam Jum’at 22 Robi’ust Tsani di rumah istri beliau di
Nyamplungan gang 4 Surabaya. Allah SWT telah mengaruniai beliau pada pernikahan
ini enam putra dan delapan putri.
Pada bulan
Jum’adil Akhir tahun 1359 Hijriyyah bertepatan pada bulan Juli 1940 masehi,
dengan kehendak ALLAH SWT beliau sekeluarga pindah dari Surabaya ke kota
Lawang, dan dikota inilah beliau mendirikan madrasah dan pondok pesantren “Darun
Nasyiien”, yang pembukaan resminya jatuh pada awal bulan Rojab 1359 Hijriyyah,
bertepatan dengan 5 Agustus 1940 Masehi. Yang mana pondok tersebut mendapat
perhatian oleh banyak orang dari Jawa dan luar Jawa, serta memberi hasil dan
barokah, alhamdullillah.
Mula-mula
tempat untuk madrasah adalah di jalan Talun timur pasar Lawang, yang sekarang
berubah namanya menjadi jalan Pandowo, dan setelah beberapa bulan berpindah
pula ayahanda beliau dari Surabaya ke Lawang dan tinggal bersama-sama beliau,
yang mana menambahkan barokah bagi rumah dan pondok beliau. Dan pada waktu
penjajahan Jepang sampai awal masa kemerdekaan berpindah-pindahlah beliau dari
satu tempat ke tempat yang lain di daerah sekitar kota Lawang, seperti
Karangsono, Simping, dan Bambangan yang ketika itu terjadi serangan penjajah
Belanda atas kota Malang. Walhamdulillah pada masa-masa berubah-ubah
pemerintahan, pelajaran tidak terputus kecuali pada waktu penjajahan Jepang
sekitar 17 hari karena penjajah Jepang pada waktu itu memerintahkan untuk
menutup madrasah-madrasah ketika mereka menduduki suatu daerah, lalu ketika
kembalinya penjajahan Belanda yang kedua terpaksa beliau menutup madrasah demi
keamanan selama 3 bulan saja. Dan semenjak 1 April 1951 beliau sekeluarga
pindah ke jalan Pandowo yang beliau diami sampai akhir hayat beliau, yang tepat
dibelakangnya terdapat pondok pesantren dengan bangunan yang cukup baik untuk
para pelajar yang tinggal, dengan kamar-kamar dan musholla bernama “Baitur
Rohmah”, serta kelas-kelas, dan yang telah mengurusi pembangunan serta
mengarsiktekturinya adalah putra beliau Al Ustadz Ali bin Muhammad Ba’abud.
Banyak
sekali para pengunjung daripada ulama dan orang-orang sholeh ke rumah serta ke
pondok beliau, diantara mereka adalah Al Habib Ali bin Abdurrohman Al Habsyi
Jakarta, Al Habib Zein bin Abdullah bin Muhsin Al Athos Bogor dan saudaranya Al
Habib Husein, Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid Tanggul, Al Habib Alwi bin
Ali Al Habsyi Solo, Al Habib Alwi bin Abdullah Al Habsyi Barabai Kalimanatan,
Al Habib Husein bin Abdullah Al Hamid Tuban, Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad bil
Faqih Malang, Al Habib Abdullah Umar Alaydrus Surabaya, Al Habib Ali bin Husein
Al Athos, Al Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad
Assegaf Jeddah, Al Habib Salim bin Abdullah As Syathiri Tarim, As Sayyid
Muhammad bin Alwi bin Abbas Al Maliki Makkah, dan banyak lagi selain mereka
yang hal itu semua adalah membuahkan keberkahan Insya ALLAH Ta’ala.
Dan setelah
ayahanda beliau wafat, ALLAH SWT mengilhami beliau untuk mengadakan rouhah atau
majlis ta’lim pada tiap hari Kamis sore yang ditutup dengan bacaan tahlil atas
arwah ayah bunda beliau untuk memperingati mereka berdua serta dengan tujuan
memberi manfaat kepada para santri beliau dan selain mereka daripada para pecinta
ilmu dari dalam dan luar kota, maka ketika As Sayyid Al Arif billah Al Habib
Muhammad bin Umar Alaydrus Surabaya mendengar tentang hal itu beliau sangat
gembira seraya mendo’akan untuk Ustadz Muhammad dan majlisnya. Maka dengan
rahmat Allah SWT rouhah tersebut telah berlangsung selama 36 tahun di masa
hidup beliau dan telah memberi kesan yang sangat baik.
Pengajian
rouhah tersebut adalah rouhah yang berbarokah dengan dalil sebagian mimpi-mimpi
dari sebagian keluarga dan selain mereka, yaitu bahwa rouhah dan sebagian
majlis-majlis yang lain dihadiri oleh An Nabi SAW dan arwah para salafus
sholeh, dimana terdapat tanda-tanda yang menunjukkan tentang hal itu,
walhamdulillah.
Pada hari
Rabu pagi jam 10:20 tanggal 18 Dzulhijjah tahun 1413 Hijriyyah bertepatan
dengan tanggal 9 Juni 1993 beliau pulang ke rahmatullah SWT, ayahanda dan guru
kami tercinta Al Ustadz Muhammad bin Husein Ba’abud. Almarhum disembahyangkan
di pondok pesantren beliau pada keesokan harinya yaitu hari Kamis dan diantar
jenazahnya oleh banyak orang ke pemakaman Bambangan Lawang dan dimakamkan
beliau disamping makam ayahanda beliau.
Inilah yang
diwasiatkan oleh hamba yang faqir kepada rahmat ALLAH SWT Muhammad bin Husein
Ba’abud sesuai dengan yang diwasiatkan oleh Al Habib Abdullah bin Husein bin
Thohir kepada istri-istrinya dan dzuriyatnya laki-laki dan perempuan selama
turun temurun, wasiat ini teruntuk mereka dan untuk siapa saja yang
mendengarnya, yaitu :
* Hendaknya
mereka menjalankan sunnah-sunnah nya atau perilaku atau perjalan penghulu
daripada utusan ALLAH SWT, yaitu Sayyiduna Muhammad SAW, dan juga supaya
mengikuti sunnah dan perjalanan para kholifah yang mendapat petunjuk
al-khulafaur rosyidin, kesemuanya ini sesuai dengan firman ALLAH SWT dan
berdasarkan sabda Rasulullah SAW .
Barangsiapa
tidak mampu menjalankan semuanya itu maka setidak-tidaknya janganlah keluar
atau menyimpang daripada jalan ataupun petunjuk para salafus sholeh yaitu para
leluhur kita yang sholeh serta terbukti kewaliannya. Dan barangsiapa belum
mendapat jua taufik hidayat untuk itu semua maka paling tidak hendaknya ia
meneladani kepada saya, yaitu meneladani di dalam hal ibadahku juga kholwatku,
dan di dalam menjauhkan diri dari kebanyakan orang bersamaan dengan perlakuanku
yang baik terhadap anak kecil dan orang besar laki-laki dan perempuan jauh
maupun dekat tanpa harus sering berkumpul atau banyak bergaul, dan tanpa harus
saling tidak peduli ataupun saling benci-membenci.
* Hendaknya
sangatlah berhati-hati di dalam bermusuhan dan berselisih ataupun berkelahi dengan
siapa saja, di dalam apa saja dan bagaimanapun juga.
* Bagi yang
telah mengalami saya diantara kalian maka janganlah tidak meneladani kepada
jalanku yaitu di dalam hal-hal yang sifatnya terpuji, janganlah lebih sedikit
dari itu.
* Dan aku
wasiatkan kepada mereka semua untuk selalu memohonkan kasih sayang rahmat ALLAH
atas diriku serta memohonkan ampun dengan membacakan istighfar untukku sesuai
dengan kesanggupannya masing-masing pada setiap waktu dan lebih-lebih di dalam
hari-hari As Syuro dan hari-hari di bulan Rojab dan di bulan Romadhon serta
bulan Haji dan pada bulan dimana pada bulan dimana ALLAH SWT mentakdirkan akan
wafatku, dan barangsiapa diluaskan oleh ALLAH atasnya dan dimudahkan atasnya
untuk bershodaqoh maka hendaknya bershodaqoh untukku dengan apa-apa yang ringan
atasnya sedikit atau pun banyak khususnya di dalam waktu-waktu yang lima ini.
Dan aku mengizinkan bagi siapa saja yang hendak berhaji atau umroh atas diriku,
dikerjakan oleh dirinya sendiri ataupun mengupahkan kepada orang lain sesungguhnya
perbuatan itu dilipat gandakan oleh ALLAH SWT 10 kali lipat, ALLAH jua lah yang
dapat menolong seseorang untuk berbuat kebajikan, semoga ALLAH SWT memberikan
pertolongannya bagi diri kita sekalian untuk berbuat baik.
* Kemudian
aku juga berpesan kepada kalian untuk mempererat tali silaturahmi yaitu ikatan
kekeluargaan, karena sesungguhnya silaturahmi itu sangat memberi pengaruh
terhadap keberkahan harta dan rezeki dan salah satu penyebab dipanjangkannya
umur, silaturahmi itu menunjukkan keluhuran budi pekerti dan tanda-tanda
seseorang mendapat kebaikan di hari kemudian. Maka hati-hatilah kalian daripada
memutuskan tali persaudaraan, karena sesungguhnya perbuatan itu sangatlah keji
juga siksanya sangatlah pedih, seseorang yang memutus silaturrahim itu terkutuk
berdasarkan dalil Al Qur’an, orang yang memutus adalah pertanda orang yang
lemah iman, orang yang memutus tidak akan mencium bau surga, orang yang memutus
maka kesialannya menular kepada tetangga-tetangganya, maka sambunglah tali
persaudaraan kalian wahai saudara-saudaraku karena sesungguhnya tali rahim itu
bergantung pada salah satu tiangnya singgasana ALLAH yang Maha Pengasih.
* Dan saya
berpesan pula kepada diri saya dan kepada orang-orang yang tersebut tadi agar
supaya banyak beristikhoroh dan musyawarah di dalam segala urusan dan hendaknya
selalu mengambil jalan yang hati-hati, walaupun pada hakekatnya berhati-hati
itu tidak dapat meloloskan seseorang daripada ketentuan ALLAH dan takdir-NYA,
akan tetapi menjalankan sebab-sebab tidaklah boleh ditinggalkan, justru oleh
sebab itulah wasiat atau pesan-pesan dan nasehat-nasehat itu diperlukan dan
dianjurkan, oleh karena hal itu semua adalah salah satu segi dari sebab-sebab
di dalam mengajak orang kepada ALLAH dan mengajak untuk menuju kebahagiaan
serta keselamatan di dunia dan akhirat.
Semoga ALLAH
SWT mencurahkan kasih sayangnya terhadap orang-orang yang suka bernasehat dan
membalas mereka dengan kebaikan yang banyak, dan semoga ALLAH Ta’ala memberikan
taufik kepada kita untuk mengamalkan segala apa yang mereka katakan.
Itulah
sekilas tentang salah satu dari waliyullah. Hidupnya digunakan untuk
mensyiarkan kebenaran Islam.
Semoga ALLAH memunculkan kembali para wali - wali-NYA yang dapat menuntun manusia menuju kebenaran jalan-NYA.
Amiin.
Semoga ALLAH memunculkan kembali para wali - wali-NYA yang dapat menuntun manusia menuju kebenaran jalan-NYA.
Amiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar