Pewaris Rahasia Imam
Ali Zainal Abidin
Al-Habib Muhammad bin Husein al-Aydrus lahir di kota Tarim Hadramaut.
Kewalian dan sir beliau tidak begitu tampak di kalangan orang awam.
Namun di kalangan kaum 'arifin billah derajat dan karomah beliau sudah
bukan hal yang asing lagi, karena memang beliau sendiri lebih sering
bermuamalah dan berinteraksi dengan mereka.
Sejak kecil habib Muhammad dididik dan diasuh secara langsung oleh ayah
beliau sendiri al-'Arifbillah Habib Husein bin Zainal Abidin al-Aydrus. Setelah
usianya dianggap cukup matang oleh ayahnya, beliau al-Habib Muhammad dengan
keyakinan yang kuat kepada Allah SWT merantau ke Singapura.
أَََلَمْ َتكُنْ أَرْضُ اللهِ وَاسِعَةً فتَََهَاجَرُوْا فِيْهَا
Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu? (Q.S an-Nisa':97)
Setelah merantau ke Singapura, beliau pindah ke Palembang, Sumatera
Selatan. Di kota ini beliau menikah dan dikaruniai seorang putri. Dari
Palembang, beliau melanjutkan perantauannya ke Pekalongan, Jawa Tengah, sebuah
kota yang menjadi saksi bisu pertemuan beliau untuk pertama kalinya dengan
al-Imam Quthb al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Seggaf, Gresik. Di Pekalongan
jugalah beliau seringkali mendampingi Habib Ahmad bin Tholib al-Atthos.
Dari Pekalongan beliau pidah ke Surabaya tempat Habib Musthafa al-Aydrus
yang tidak lain adalah pamannya tinggal. Seorang penyair, al-Hariri pernah
mengatakan:
وَحُبِّ البِلَادَ فَأَيُّهَا أَرْضَاكَ فَاخْتَرْهُ وَطَنْ
Cintailah negeri-negeri mana saja yang menyenangkan bagimu dan jadikanlah
(negeri itu) tempat tinggalmu
Akhirnya beliau memutuskan untuk tinggal bersama pamannya di Surabaya, yang
waktu itu terkenal di kalangan masyarakat Hadramaut sebagai tempat berkumpulnya
para auliaillah. Di antaranya adalah Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdor,
Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi, Habib Abu Bakar bin Umar bin Yahya dan
masih banyak lagi para habaib yang mengharumkan nama kota Surabaya waktu itu.
Selama menetap di Surabaya pun Habib Muhammad al-Aydrus masih suka berziarah,
terutama ke kota Tuban dan Kudus selama 1-2 bulan.
Dikatakan bahwa para sayyid dari keluarga Zainal Abidin (keluarga ayah
Habib Muhammad) adalah para sayyid dari Bani 'Alawy yang terpilih dan terbaik
karena mereka mewarisi asrar (rahasia-rahasia). Mulai dari ayah, kakek
sampai kakek-kakek buyut beliau tampak jelas bahwa mereka mempunyai maqam di
sisi Allah SWT. Mereka adalah pakar-pakar ilmu tashawuf dan adab yang telah
menyelami ilmu ma'rifatullah, sehingga patut bagi kita untuk menjadikan
beliau-beliau sebagai figur teladan.
Diriwayatkan dari sebuah kitab manaqib keluarga al-Habib Zainal Abidin
mempunyai beberapa karangan yang kandungan isinya mampu memenuhi 10 gudang
kitab-kitab ilmu ma'qul/manqul sekaligus ilmu-ilmu furu' (cabang)
maupun ushul (inti) yang ditulis berdasarkan dalil-dalil jelas yang
hasilnya dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh
para pakar dan ahli (para ashlafuna ash-sholihin).
Habib Muhammad al-Aydrus adalah tipe orang yang pendiam, sedikit makan dan
tidur. Setiap orang yang berziarah kepada beliau pasti merasa nyaman dan senang
karena memandang wajah beliau yang ceria dengan pancaran nur (cahaya). Setiap
waktu beliau gunakan untuk selalu berdzikir dan bersholawat kepada datuk beliau
Rasulullah SAW. Beliau juga gemar memenuhi undangan kaum fakir miskin. Setiap
pembicaraan yang keluar dari mulut beliau selalu bernilai kebenaran-kebenaran
sekalipun pahit akibatnya. Tak seorangpun dari kaum muslimin yang beliau
khianati, apalagi dianiaya.
Setiap hari jam 10 pagi hingga dzuhur beliau selalu menyempatkan untuk openhouse
menjamu para tamu yang datang dari segala penjuru kota, bahkan ada sebagian
dari mancanegara. Sedangkan waktu antara maghrib sampai isya' beliau pergunakan
untuk menelaah kitab-kitab yang menceritakan perjalanan kaum salaf. Setiap
malam Jum'at beliau mengadakan pembacaan Burdah bersama para jamaahnya.
Beliau al-Habib Muhammad al-Aydrus adalah pewaris karateristik Imam Ali
Zainal Abidin yang haliyah-nya agung dan sangat mulia. Beliau juga
memiliki maqam tinggi yang jarang diwariskan kepada generasi-generasi
penerusnya. Dalam hal ini al-Imam Abdullah bin Alwi al-Haddad telah menyifati
mereka dalam untaian syairnya:
ثبتوا على قـدم النبى والصحب # والتـابعين لهم فسل وتتبع
ومضو على قصد السبيل الى العلى# قدما على قدم بجد أوزع
ومضو على قصد السبيل الى العلى# قدما على قدم بجد أوزع
_Mereka tetap dalam jejak Nabi dan sahabat-sahabatnya
Juga para tabi'in. Maka tanyakan kepadanya dan ikutilah jejaknya_
Juga para tabi'in. Maka tanyakan kepadanya dan ikutilah jejaknya_
_Mereka menelusuri jalan menuju kemulyaan dan ketinggian
Setapak demi setapak (mereka telusuri) dengan kegigihan dan kesungguhan_
Setapak demi setapak (mereka telusuri) dengan kegigihan dan kesungguhan_
Diantara mujahadah beliau r.a, selama 7 tahun berpuasa dan tidak berbuka
kecuali hanya dengan 7 butir kurma. Pernah juga beliau selama 1 tahun tidak
makan kecuali 5 mud saja. Beliau pernah berkata, "Di masa permulaan aku
gemar menelaah kitab-kitab tasawuf. Aku juga senantiasa menguji nafsuku ini
dengan meniru perjuangan mereka (kaum salaf) yang tersurat dalam kitab-kitab
itu".
(Diadaptasi dari naskah karangan Habib Syekh Musawa Surabaya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar