BIOGRAFI IMAM GHAZALI
A. Masa Hidup Imam Al- Ghazali
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam
Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad
Al-Ghazali, yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam)
karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran
bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H,
bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di
Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.[1]
Beliau
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang
pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat
beragama, mempunyai semangat keagamaan yang tinggi, seperti terlihat
pada simpatiknya kepada ‘ulama dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama
yang selalu memberi nasehat kepada umat.
Itulah
sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali)
dan saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman
ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.[2]
Meskipun
dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan
beliau merasa rendah atau malas, justru beliau semangat dalam
mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, dikemudian beliau menjelma
menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan diperkirakan imam
Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai usia 15
tahun (450-456)[3]
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan
imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya.
Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan
ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar
pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli
tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya,
beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu
pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah
nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.[4]
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf[5]
Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada
imam Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir
dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca
hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang
luas.[6]
Setelah
imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di
Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al-
wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang
kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud
filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain
dalam berbagai fan.[7]
Antara
tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang
lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di
Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di
tempat kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil
belajar tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam
Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan
mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali
menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga
dengan pretasi muridnya.
Walaupun
kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani
wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk,
perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah
al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf
kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).[8]
Setelah
gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat
kehormatan untuk berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenengkan ini, namanya semakin populer dan disegani karena keluadan
ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al Ghazali diangkat menjadi guru
besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz
min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali
mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn
Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat
terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al
falasiyah.[9]
Pada
tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap
ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau
menderita penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam
al Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di
madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju
kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau
pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah serupa.
Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.[10]
Sepulang
dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus,
disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai
berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya
yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali ilmu agama).[11]
Karena
disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi
berselang selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan
jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus)
beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.[12]
Abul
Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad
saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu
dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan
untukku kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas
kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk menemui Al
Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali
yag bergelar hujjatul islam itu meninggal dunia menjelang matahari
terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H
(1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota
Thus.[13]
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.[14]
Dengan
demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang
tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang
lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah
nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu
Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau
bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali,
beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al
wajiz, dan al wushul.
3. Abu
Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau
mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu
beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu
Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu
Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al
Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu
Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al
mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu
Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar
fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al
tauhid dan tahrim al ghibah.[15]
Dengan
demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid
beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau
menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya
imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful
al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang
sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam
buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’
ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan
karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan
berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi
panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al
munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan
sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan
sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa
al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang
dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).[16]
BAB TAMBAHAN
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun
kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478
H. sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada
Nidham Al Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah
pendiri madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat
belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi
(w. 477 H/1084 M)[17]
Setelah
gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat
kehormatan untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenangkan ini, namanya semakin populer dan desegani karena keluasan
ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat
menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya
al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya
imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran
al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al
Falasifah.[18]
Pada
tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap
ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau
menderita penyakit selam adua bulan
[1] Tim Penyusun Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, ( Jakarta : Van Hoeve Letiar Baru, 1997 ), cet. Ke 4, hal. 25
[2] Imam Al Ghazali, Pembuka Pintu Hati, ( Bandung : MQ Publishing, 2004), cet. 1, hal. 4
[3] Ibid, hal. 4
[5] M. Hasan, Perbandingan Madzhab, ( Jakarta : PT Raja Granfindo Persada, 2006 ) cet. Ke 4, hal. 267
[6] Himawijaya, Mengenal Al Ghazali Keraguan Adalah Awal Keyakinan, ( Bandung : Mizan Media Utama MMU, 2004 ), cet. Ke 1, hal. 15
[7] Hudari Bik, Tarikh Al Tasri Al Islam, ( Semarang : Darul Ihya, 1980 ), terj. Zuhri, hal. 570
[8] Himawijaya, Loc. Cit. hal.
[11] Ibid, hal. 19
[12] Imam Al Ghazali, Ihya Ulumuddin, ( Beirut : Darul Ma’rifah, tth ), juz 1, hal. 7
[13] Imam Al Ghazali, Pembuka Pintu Hati, Loc. Cit, hal. 266
Tidak ada komentar:
Posting Komentar