SYEIH ABDUL
WAHHAB asSYA'RONY ra
Imam
Sya'rony, Pemandu Ilmu Kasbi dan Laduni (wafat 973H)
Sya’roni adalah nama tenar dari ‘AbduL Wahab al-Sya’roni . Pengarang kitab aL-Mizan aL-Kubro ini berasaL dan saLah satu keLuarga besar Bani Alawiyyah (keturunan Nabi . Tetapi, di saat terjadi ketegangan antara keturunan Bani ‘Alawiyah dengan Bani mUawiyah, keluarga besar Bani ‘ALawiyah yang merupakan keLuarga besar Imam aL-Sya’roni, berpindah ke Maghrib (Maroko);
yang pada akhirnya Bani ‘Alawiyah mampu mendirikan sebuah kerajaan di sana. Dengan demikian, Imam al-Sya’roni mempunyai silsiLah keturunan dan Muhammad bin aL-Hanafiah bin ‘Ali bin Abi ThoLib . Menurut riwayat yang shahih, tokoh kita ini diLahirkan pada tanggaL 27 Ramadhan tahun 898 H,
Sya’roni adalah nama tenar dari ‘AbduL Wahab al-Sya’roni . Pengarang kitab aL-Mizan aL-Kubro ini berasaL dan saLah satu keLuarga besar Bani Alawiyyah (keturunan Nabi . Tetapi, di saat terjadi ketegangan antara keturunan Bani ‘Alawiyah dengan Bani mUawiyah, keluarga besar Bani ‘ALawiyah yang merupakan keLuarga besar Imam aL-Sya’roni, berpindah ke Maghrib (Maroko);
yang pada akhirnya Bani ‘Alawiyah mampu mendirikan sebuah kerajaan di sana. Dengan demikian, Imam al-Sya’roni mempunyai silsiLah keturunan dan Muhammad bin aL-Hanafiah bin ‘Ali bin Abi ThoLib . Menurut riwayat yang shahih, tokoh kita ini diLahirkan pada tanggaL 27 Ramadhan tahun 898 H,
di sebuah
pedesaan yang bernama Qalqasyandah (daerah selatan Mesir). Desa tersebut
merupakan pedesaan datuknya dan jaLur ibu. Tapi, setelah empat puLuh han dan
han keLahiranya, aL-Sya’roni dibawa oLeh sang ibu untuk pindah dan desa
keLahiranya, menuju desa asal ayahandanya yaitu desa Abu Syaroh di propinsi
Manufiyyah, yang lambat Laun dan desa tersebut Imam Sya’roni mendapatkan sebuah
geLar; yaitu alSya’roni.
Imam Sy'roni dan dunia ibadah
Pada usia yang masih sangat beLia, aL-Sya’roni telah ditinggaL mati oLeh ayahnya. Setelah itu Syaroni keciL dirawat oleh seorang paman yang shalih dan ahLi ibadah.
Sang paman yang shaLih seLaLu membimbing kemenakannya untuk seLaLu hidup dalam keshalihan dan ketaatan kepada Tuhan. Dan hasiL didikan seorang paman yang taat ini, bukan sesuatu yang mengherankan jika Imam Sya’roni semenjak keciLnya, merupakan seorang anak yang terkenaL akan ibadah dan pengabdianya kepada ALlah . Semenjak usia deLapan tahun, dia teLah terbiasa meLakukan shaLat maLam, dengan menenggelamkan diri daLam dzikir-dzikir yang mengagumkan. Keyatiman yang ia aLami, tidak menjadikan dirinya berkembang sebagai anak yang hidup daLam keputusasaan dengan tanpa harapan. Semenjak keciL, ia teLah menyakini daLam hatinya yang paling daLam, bahwa ALLah telah menjaganya dan sifat keberagamaan yang Lemah, sebagaimana AlLah seLaLu menjaga dirinya dan perbuatan yang terceLa dan hina. Bahkan dalam hatinya, dia juga percaya bahwa ALLah teLah memberikan kepada dirinya kecerdasan yang bisa dijadikan pisau daLam memahami semua keiLmuan dengan benar, yang sekaLigus mampu memahami semua kerumitan- kerumitan yang ada.
Imam Sy'roni dan dunia kelimuan
Dalam sejarah hidupnya, kecintaan Imam Sya’roni terhadap ilmu-iLmu agama, telah menjadikan dirinya meLakukan perjaLananan dari desa asalnya menuju Kairo. Ketika berada di Kairo, dia yang semenjak kecil dididik dengan keshalihan dan ketaatan, seLaLu menghabiskan waktu-waktu yang ia miLiki dengan beribadah dan meneLaah semua keiLmuan. Dia teLah menjadi semakin aLim dan bertakwa. Waktu-waktunya hanya ia habiskan untuk beribadah dan belajar, di daLam sebuah masjid. Semenjak berada di Kairo, dia telah berhasil bertemu dengan para uLama-ulama besar; seperti Jalaluddin al-Syuyuthi, Zakaria aL-Anshori, Nashirudin aL-Laqoni dan aL-RomLi , yang guru-gurunya ini seLaLu ia kenang daLam beberapa tulisan kitabnya. Di Kairo, Imam agung ini mempeLajari semua keilmuan yang ada pada zamanya. Dia seLaLu mempelajari semua keilmuan dengan semangat belajar yang luar biasa. Dia merupakan simbol dan seorang murid yang teladan dan rajin pada zamanya. Dia seLaLu mencari sebuah kebenaran di manapun ia berada. Dalam pandangannya, semua imam adaLah contoh yang telah mendapatkan sebuah petunjuk dariAlLah Dia tidak meLakukan sikap fanatisme yang berLebihan terhadap saLah satu mazhab, dan tidak tergesa-gesa dalam meniLai sebuah ijtihad dan salah satu mazhab tententu, kecuaLi seteLah melakukan pengkajian yang matang dan mendetaiL. Dan, seteLah ia menguasai
beberapa disipLin ilmu yang ada pada zamanya, dia tidak berubah menjadi seorang yang sombong dan angkuh, tapi tetap menjadi seorang yang tawadhu’ dan rendah hati. As-Syaroni sebagaimana ahli sufi Lainnya, seLaLu menghindari perdebatan yang tidak ada gunanya di saat menuntut iLmu. Dia memahami betuL bahwa berdebat hanya akan menjauhkan dirinya dan cahaya Tuhan.
As-Syaroni dan ‘All al-Khowwas
Pertemuan antara aL-Sya’roni dan al Khowwas, merupakan saLah satu bukti betapa pentingnya seorang Syeikh dalam dunia para sufi. AL-Khowwas adaLah seorang Laki-Laki yang teLah diberikan ALlah . sebuah mauhibah dan keistimewaan, daLam menjaLani badai kehidupan. Dia merupakan saLah satu anugerah, yang pernah diberikan ALLah kepada umat manusia daLam menuju sebuah hakikat. AL-Khowwas merupakan simbol kebenaran atas keberadaan ilmu Laduni dalam dunia sufi. Semenjak kecil Dia adaLah seorang yang ummi (buta huruf), yang dalam setiap perkataannya selalu diwarnai dengan ayat-ayat AL-Quran dan Hadits. Dia mampu mengambil sebuah istimbat dan dalil-dalil tersebut, dengan sangat menakjubkan dan mengherankan. Pertemuannya dengan aL-Sya’roni , merupakan sebuah bukti dan keistimewaan seorang waLl dengan ilmu Laduninya, dengan seorang ‘aLim yang beLum mencapai derajat tersebut. AL-Khowwas adalah seorang ummi, sedang al-Sya’roni adaLah seorang yang ‘aLim. Tapi, itu semua hanya dalam penampakan Lahir beLaka. Pada hakikatnya aL-Khowwas adaLah seorang ‘aLim sedang aL-Sya’roni adalah seorang ummi. ILmu aL-Khowwas adaLah iLmu mauhibah yang Langsung diterima dan AlLah , sedang ilmu aL-Sya’roni adaLah ilmu yang bersumber dan kitab-kitab bacaan yang hakikat iLmu tersebut menurut orang sufi bukan merupakan ilmu yang dimiLiki secara hakiki, melainkan ilmu yang didapat meLaLui bacaan terhadap kitab. Al-Khowwas adalah seorang yang telah mengantarkan aL-Sya’roni menuju dunia sufi yang sesunggungya. Dia teLah mengantarkan al-Sya’roni mencapai derajat kewaLian, dan mengajarkan tata cara mencapai sebuah iLmu laduni. DaLam beberapa kesempatan AL-Sya’noni mengisahkan bagaimana aL-Khowwas telah memberikan pengajaran kepada dirinya dalam mencapai derajat tersebut. Yang pertama ia lakukan adaLah menjual semua kitab yang ia miLiki, dan menghabiskan semua hasil penjualan kepada fakir miskin. Pada awalnya, al-Sya’roni merasa berat menjaLankan perintah sang guru, bahkan
seteLah meLakukan semua perintah tersebut, aL-Sya’roni merasa tidak enak hati dan terus memikirkan kitab-kitab yang telah Ia juaL. Ia merasa teLah kehiLangan semua iLmu yang selama ini Ia tekuni. Tetapi, ketika aL-Khowwas mengetahui haL tersebut, beliau memerintahkan kepada al-Sya’roni untuk memperbanyak dzikir kepada AlLah
. Setelah mampu menanggulangi cobaan pertama ini, al-Khowwas menyuruhnya menghindari keramaian manusia (uzLah), hingga pada akhirnya aL-Sya’roni tdk merasa dirinya paLing baik dibandingkan dengan yang Lainnya. AL-Khowwas kemudian menganjurkan kepada aL-Sya’roni untuk terus meLakukan mujahadah hingga Ia akan merasakan bahwa dirinya lebih hina dari pada orang yang paling hina sekaLipun. Setelah masa-masa tersebut, aL-Khowas menyuruh aL-Sya’roni untuk berbaur kembali dengan masyarakat ramai, dengan bersabar atas apa yang mereka lakukan terhadap dirinya. AL-Sya’roni ketika menjaLankan haL tersebut merasakan bahwa dirinya merupakan orang yang paling tinggai derajatnya jika dibandingkan dengan orang Lainya. Tetapi, seperti biasanya, aL-Khowwas kemudian memerintahkan kepada dirinya untuk menghiLangkan perasaan-perasaan tersebut. Al-Khowwas menyuruh aLSya’roni untuk memperbanyak dzikir kepada ALLah daLam semua waktuwaktunya. Ia tidak boleh memikirkan haL lain selain sang pencipta. Sehingga Ia harus menjaLani masa-masa itu seLama berbuLan-bulan. Dan bukan hanya itu saja, alKhowwas kemudian menyuruh dirinya untuk menghindar dari nafsu makan. Makan hanya dilakukan untuk menjaga keLangsungan hidup beLaka, sehingga aL-Sya’roni . ketika itu merasakan dirinya teLah terbang ke atas. Mujahadah yang telah diajarkan aL-Khowwas kepada aL-Sya’roni teLah menjadikan dirinya memiliki keiLmuan yang tidak Ia duga sebeLumnya. Ia merasakan, bahwa ilmu yang teLah Ia miLiki, mendapatkan pesaing dan iLmu mauhibah yang baru Ia dapat. ILmu yang baru Ia dapat telah memberi penyempurnaan terhadap ilmu yang seLama ini Ia miliki. Hati aLSya’roni teLah dibuka oLeh ALlah , dan dibenikan pengetahuan-pengetahuan yang hanya dimiliki oleh seorang sufi saja. Tetapi, waLaupun aL-Sya’noni . teLah mendapatkan iLmu laduni dari ALlah , aL-Khowwas yang dalam haL ini berperanan sebagai guru al-Sya’noni , membimbing kepada dirinya untuk terus melakukan berbagai macam mujahadah daLam rangka membersihkan hatinya dari beLenggu duniawi. Sehingga pada akhirnya aL-Sya’noni mampu mendapatkan berbagai macam iLham dan karomah yang teLah diberikan Langsung oLeh ALlah kepada dirinya.
Karomah Imam Syaroni
Suatu ketika antara Syeikh Abd aI-Wahhab ( dengan Syekh Nasiruddin aI-Laqqani (, terjadi kesalah kefahaman karena ada aduan dari sebagian orang yang hasud pada Syeikh Abd aI-Wahhab (. Dia mengadu pada Syeikh Nasir ( bahwa Syeikh Syaroni dalam majlis pengajiannya mencampur santri laki-laki dengan santri perempuan. Ketika Syeikh Syaroni ( mengetahui bahwa Syeikh Nasir ( terkena tipuan orang ini, maka beliau sowan ke Syeikh Nasir ( untuk meminjam kitab AI-Mudawwanah’. Syeikh Nasir ( dalam kesempatan itu mengatakan : Aku harap engkau tidak meLakukan pelanggaran Lagi, dan engkau kembali pada Syariat yang benar ! ‘. Syeikh Syaroni menjawab : Insya-ALLah itu akan terjadi. SeteLah itu, Syeikh Nasir menyuruh pembantunya untuk mengeLuarkan kitab ‘Al-Mudawwanah dari aLmari, dan menyuruhnya mengantarkannya ke rumah Syekh Syaroni . Beberapa saat setelah sampai di rumah Syeikh Syaroni , pembantu itu mohon diri untuk puLang. Namun Syeikh Syaroni menahan dan meminta agar ia mahu menginap barang satu malam. Keduanya mengisi maLam itu dengan bercengkerama sampai Larut malam. Ketika maLam telah meLampaui sepertiganya, Syeikh Syaroni masuk ke kamar khoLwatnya. Kira-kira seperempat jam, beLiau keluar untuk membangunkan pembantu itu agar shoLat tahajjud. LaLu dia bangun, berwudLu dan shoLat bersama Syeikh Syaroni sampai menjelang subuh. Selesai solat Subuh mereka berdua membaca AL-Quran bersama, lalu mengamaLkan wirid masing masing sampai matahari terbit. Menginjak matahari setinggi tombak Syeikh Syaroni mengajaknya untuk ke kamar dan makan pagi bersama. Tolong kembaLikan kitab al-Mudawwanah ini pada Syeikh Nasir dan sampaikan rasa terima kasih saya” ucap Syekh Syaroni seteLah acara makan pagi seLesai. Khodim Syeikh Nasir ini heran dan bertanya-tanya dalam hatinya : Apa maksud Syeikh Syaroni i, meminjam kitab hanya satu maLam saja? Apa yang telah dilakukannya dengan kitab ini? . Ketika dia sampai pada gurunya dan mengembalikan kitab tersebut Syeikh Nasir tambah marah pada Syekh Syaroni . Di tengah rasa marah ini Syeikh Nasir ditanya tentang suatu masaLah yang mengharuskannya untuk membaca kitab Al-Mudawwanah. Ketika membukanya ía kaget karena di situ ada catatan-catatan tangan Syeikh Syaroni . Demikian lembar demi Lembar seLalu ada catatan tangan Syeikh Sya'roni . Karena heran dengan kenyataan ini Syeikh Nasir
bertanya pada muridnya tadi : “Apa yang diLakukan Syeikh Sya’roni dengan kitab ini. Diapun menjawab: Demi ALlah... dia tidak berpisah dariku kecuali hanya dua puluh menit, beLiau tidak meninggalkan wiridan dan tahajjudnya Demi mendengar keterang muridnya ini, Syeikh Nasir LaLu pergi menghadap Syeikh Syaroni dengan tanpa memakai alas kaki dan tutup kepaLa. Ketika sampai di hadapan Syeikh Syaroni Syeikh Nasir berkata : ‘Sekarang aku bertaubat. Aku tidak akan berani lancang pada goLongan ahli Tasawwuf. Syeikh Syaroni LaLu berkata : Mahukah tuan aku tunjukkan kitab ringkasan kitab AL-Mudawwanah, yang aku Lakukan malam itu ? kalau memang ada yang menerimanya itu semata-mata anugerah ALlah , dan barokah Izin Nabi KaLau tidak ada yang menerimanya maka aku akan menghapusnya dengan air. LaLu Syeikh Nasir memberikan kata pengantar, dan memuji kitab Syeikh Syaroni i. Di antara karomah Imam Syaroni adalah suatu ketika ia tidur di rumab kawannya di sebuah ruang terpencil yang banyak jinnya. Pada petang harinya kawannya ini menyaLakan Lampu di ruangan itu, menutup pintu LaLu meninggaLkan Syeikh Syaroni sendirian. LaLu datangLah sekeLompok jin. Mereka mematikan lampu dan mengitari Syeikh kita ini hendak mengganggunya. Tahu akan apa yang terjadi Syeikh Syaroni berkata : Demi keagungan ALlah.... Kalau saja aku mahu menangkap saLah satu di antara mereka, nescaya tidak akan ada satupun yang mampu meLepaskannya. LaLu Imam Syaroni . tertidur dengan tenang seperti tidak ada apaapa. Di antara karomahnya adaLah, suatu ketika Imam Syaroni berkata : Aku diberi anugerah oleh AlLah berupa pengetahuan apakah seorang waLi sedang berada dalam kuburnya atau tidak. Karena memang para wali dalam kuburnya mempunyai aktifitas tersendiri. Mereka seLalu datang dan pergi. Keistimewaan ini juga di miLiki oLeb Syeikh ‘ALi aL-Khowwas guru Syeikh Syaroni . Sang guru ini kaLau melihat seseorang mahu ziaroh ke makam seorang waLi kadang-kadang mengatakan : Cepatlah pergi kesana, karena sebentar Lagi sang wali mahu pergi untuk keperLuan! . Suatu ketika Syeikh Syaroni ziarah ke makam Syeikh Umar Ibn aL-FaridL , tapi tidak menjumpainya dalam kuburannya. SeteLah itu, Syeikh Umar datang kepadanya, sambil berkata Maafkan saya, karena tadi aku ada keperluan.
Imam Sy'roni dan dunia ibadah
Pada usia yang masih sangat beLia, aL-Sya’roni telah ditinggaL mati oLeh ayahnya. Setelah itu Syaroni keciL dirawat oleh seorang paman yang shalih dan ahLi ibadah.
Sang paman yang shaLih seLaLu membimbing kemenakannya untuk seLaLu hidup dalam keshalihan dan ketaatan kepada Tuhan. Dan hasiL didikan seorang paman yang taat ini, bukan sesuatu yang mengherankan jika Imam Sya’roni semenjak keciLnya, merupakan seorang anak yang terkenaL akan ibadah dan pengabdianya kepada ALlah . Semenjak usia deLapan tahun, dia teLah terbiasa meLakukan shaLat maLam, dengan menenggelamkan diri daLam dzikir-dzikir yang mengagumkan. Keyatiman yang ia aLami, tidak menjadikan dirinya berkembang sebagai anak yang hidup daLam keputusasaan dengan tanpa harapan. Semenjak keciL, ia teLah menyakini daLam hatinya yang paling daLam, bahwa ALLah telah menjaganya dan sifat keberagamaan yang Lemah, sebagaimana AlLah seLaLu menjaga dirinya dan perbuatan yang terceLa dan hina. Bahkan dalam hatinya, dia juga percaya bahwa ALLah teLah memberikan kepada dirinya kecerdasan yang bisa dijadikan pisau daLam memahami semua keiLmuan dengan benar, yang sekaLigus mampu memahami semua kerumitan- kerumitan yang ada.
Imam Sy'roni dan dunia kelimuan
Dalam sejarah hidupnya, kecintaan Imam Sya’roni terhadap ilmu-iLmu agama, telah menjadikan dirinya meLakukan perjaLananan dari desa asalnya menuju Kairo. Ketika berada di Kairo, dia yang semenjak kecil dididik dengan keshalihan dan ketaatan, seLaLu menghabiskan waktu-waktu yang ia miLiki dengan beribadah dan meneLaah semua keiLmuan. Dia teLah menjadi semakin aLim dan bertakwa. Waktu-waktunya hanya ia habiskan untuk beribadah dan belajar, di daLam sebuah masjid. Semenjak berada di Kairo, dia telah berhasil bertemu dengan para uLama-ulama besar; seperti Jalaluddin al-Syuyuthi, Zakaria aL-Anshori, Nashirudin aL-Laqoni dan aL-RomLi , yang guru-gurunya ini seLaLu ia kenang daLam beberapa tulisan kitabnya. Di Kairo, Imam agung ini mempeLajari semua keilmuan yang ada pada zamanya. Dia seLaLu mempelajari semua keilmuan dengan semangat belajar yang luar biasa. Dia merupakan simbol dan seorang murid yang teladan dan rajin pada zamanya. Dia seLaLu mencari sebuah kebenaran di manapun ia berada. Dalam pandangannya, semua imam adaLah contoh yang telah mendapatkan sebuah petunjuk dariAlLah Dia tidak meLakukan sikap fanatisme yang berLebihan terhadap saLah satu mazhab, dan tidak tergesa-gesa dalam meniLai sebuah ijtihad dan salah satu mazhab tententu, kecuaLi seteLah melakukan pengkajian yang matang dan mendetaiL. Dan, seteLah ia menguasai
beberapa disipLin ilmu yang ada pada zamanya, dia tidak berubah menjadi seorang yang sombong dan angkuh, tapi tetap menjadi seorang yang tawadhu’ dan rendah hati. As-Syaroni sebagaimana ahli sufi Lainnya, seLaLu menghindari perdebatan yang tidak ada gunanya di saat menuntut iLmu. Dia memahami betuL bahwa berdebat hanya akan menjauhkan dirinya dan cahaya Tuhan.
As-Syaroni dan ‘All al-Khowwas
Pertemuan antara aL-Sya’roni dan al Khowwas, merupakan saLah satu bukti betapa pentingnya seorang Syeikh dalam dunia para sufi. AL-Khowwas adaLah seorang Laki-Laki yang teLah diberikan ALlah . sebuah mauhibah dan keistimewaan, daLam menjaLani badai kehidupan. Dia merupakan saLah satu anugerah, yang pernah diberikan ALLah kepada umat manusia daLam menuju sebuah hakikat. AL-Khowwas merupakan simbol kebenaran atas keberadaan ilmu Laduni dalam dunia sufi. Semenjak kecil Dia adaLah seorang yang ummi (buta huruf), yang dalam setiap perkataannya selalu diwarnai dengan ayat-ayat AL-Quran dan Hadits. Dia mampu mengambil sebuah istimbat dan dalil-dalil tersebut, dengan sangat menakjubkan dan mengherankan. Pertemuannya dengan aL-Sya’roni , merupakan sebuah bukti dan keistimewaan seorang waLl dengan ilmu Laduninya, dengan seorang ‘aLim yang beLum mencapai derajat tersebut. AL-Khowwas adalah seorang ummi, sedang al-Sya’roni adaLah seorang yang ‘aLim. Tapi, itu semua hanya dalam penampakan Lahir beLaka. Pada hakikatnya aL-Khowwas adaLah seorang ‘aLim sedang aL-Sya’roni adalah seorang ummi. ILmu aL-Khowwas adaLah iLmu mauhibah yang Langsung diterima dan AlLah , sedang ilmu aL-Sya’roni adaLah ilmu yang bersumber dan kitab-kitab bacaan yang hakikat iLmu tersebut menurut orang sufi bukan merupakan ilmu yang dimiLiki secara hakiki, melainkan ilmu yang didapat meLaLui bacaan terhadap kitab. Al-Khowwas adalah seorang yang telah mengantarkan aL-Sya’roni menuju dunia sufi yang sesunggungya. Dia teLah mengantarkan al-Sya’roni mencapai derajat kewaLian, dan mengajarkan tata cara mencapai sebuah iLmu laduni. DaLam beberapa kesempatan AL-Sya’noni mengisahkan bagaimana aL-Khowwas telah memberikan pengajaran kepada dirinya dalam mencapai derajat tersebut. Yang pertama ia lakukan adaLah menjual semua kitab yang ia miLiki, dan menghabiskan semua hasil penjualan kepada fakir miskin. Pada awalnya, al-Sya’roni merasa berat menjaLankan perintah sang guru, bahkan
seteLah meLakukan semua perintah tersebut, aL-Sya’roni merasa tidak enak hati dan terus memikirkan kitab-kitab yang telah Ia juaL. Ia merasa teLah kehiLangan semua iLmu yang selama ini Ia tekuni. Tetapi, ketika aL-Khowwas mengetahui haL tersebut, beliau memerintahkan kepada al-Sya’roni untuk memperbanyak dzikir kepada AlLah
. Setelah mampu menanggulangi cobaan pertama ini, al-Khowwas menyuruhnya menghindari keramaian manusia (uzLah), hingga pada akhirnya aL-Sya’roni tdk merasa dirinya paLing baik dibandingkan dengan yang Lainnya. AL-Khowwas kemudian menganjurkan kepada aL-Sya’roni untuk terus meLakukan mujahadah hingga Ia akan merasakan bahwa dirinya lebih hina dari pada orang yang paling hina sekaLipun. Setelah masa-masa tersebut, aL-Khowas menyuruh aL-Sya’roni untuk berbaur kembali dengan masyarakat ramai, dengan bersabar atas apa yang mereka lakukan terhadap dirinya. AL-Sya’roni ketika menjaLankan haL tersebut merasakan bahwa dirinya merupakan orang yang paling tinggai derajatnya jika dibandingkan dengan orang Lainya. Tetapi, seperti biasanya, aL-Khowwas kemudian memerintahkan kepada dirinya untuk menghiLangkan perasaan-perasaan tersebut. Al-Khowwas menyuruh aLSya’roni untuk memperbanyak dzikir kepada ALLah daLam semua waktuwaktunya. Ia tidak boleh memikirkan haL lain selain sang pencipta. Sehingga Ia harus menjaLani masa-masa itu seLama berbuLan-bulan. Dan bukan hanya itu saja, alKhowwas kemudian menyuruh dirinya untuk menghindar dari nafsu makan. Makan hanya dilakukan untuk menjaga keLangsungan hidup beLaka, sehingga aL-Sya’roni . ketika itu merasakan dirinya teLah terbang ke atas. Mujahadah yang telah diajarkan aL-Khowwas kepada aL-Sya’roni teLah menjadikan dirinya memiliki keiLmuan yang tidak Ia duga sebeLumnya. Ia merasakan, bahwa ilmu yang teLah Ia miLiki, mendapatkan pesaing dan iLmu mauhibah yang baru Ia dapat. ILmu yang baru Ia dapat telah memberi penyempurnaan terhadap ilmu yang seLama ini Ia miliki. Hati aLSya’roni teLah dibuka oLeh ALlah , dan dibenikan pengetahuan-pengetahuan yang hanya dimiliki oleh seorang sufi saja. Tetapi, waLaupun aL-Sya’noni . teLah mendapatkan iLmu laduni dari ALlah , aL-Khowwas yang dalam haL ini berperanan sebagai guru al-Sya’noni , membimbing kepada dirinya untuk terus melakukan berbagai macam mujahadah daLam rangka membersihkan hatinya dari beLenggu duniawi. Sehingga pada akhirnya aL-Sya’noni mampu mendapatkan berbagai macam iLham dan karomah yang teLah diberikan Langsung oLeh ALlah kepada dirinya.
Karomah Imam Syaroni
Suatu ketika antara Syeikh Abd aI-Wahhab ( dengan Syekh Nasiruddin aI-Laqqani (, terjadi kesalah kefahaman karena ada aduan dari sebagian orang yang hasud pada Syeikh Abd aI-Wahhab (. Dia mengadu pada Syeikh Nasir ( bahwa Syeikh Syaroni dalam majlis pengajiannya mencampur santri laki-laki dengan santri perempuan. Ketika Syeikh Syaroni ( mengetahui bahwa Syeikh Nasir ( terkena tipuan orang ini, maka beliau sowan ke Syeikh Nasir ( untuk meminjam kitab AI-Mudawwanah’. Syeikh Nasir ( dalam kesempatan itu mengatakan : Aku harap engkau tidak meLakukan pelanggaran Lagi, dan engkau kembali pada Syariat yang benar ! ‘. Syeikh Syaroni menjawab : Insya-ALLah itu akan terjadi. SeteLah itu, Syeikh Nasir menyuruh pembantunya untuk mengeLuarkan kitab ‘Al-Mudawwanah dari aLmari, dan menyuruhnya mengantarkannya ke rumah Syekh Syaroni . Beberapa saat setelah sampai di rumah Syeikh Syaroni , pembantu itu mohon diri untuk puLang. Namun Syeikh Syaroni menahan dan meminta agar ia mahu menginap barang satu malam. Keduanya mengisi maLam itu dengan bercengkerama sampai Larut malam. Ketika maLam telah meLampaui sepertiganya, Syeikh Syaroni masuk ke kamar khoLwatnya. Kira-kira seperempat jam, beLiau keluar untuk membangunkan pembantu itu agar shoLat tahajjud. LaLu dia bangun, berwudLu dan shoLat bersama Syeikh Syaroni sampai menjelang subuh. Selesai solat Subuh mereka berdua membaca AL-Quran bersama, lalu mengamaLkan wirid masing masing sampai matahari terbit. Menginjak matahari setinggi tombak Syeikh Syaroni mengajaknya untuk ke kamar dan makan pagi bersama. Tolong kembaLikan kitab al-Mudawwanah ini pada Syeikh Nasir dan sampaikan rasa terima kasih saya” ucap Syekh Syaroni seteLah acara makan pagi seLesai. Khodim Syeikh Nasir ini heran dan bertanya-tanya dalam hatinya : Apa maksud Syeikh Syaroni i, meminjam kitab hanya satu maLam saja? Apa yang telah dilakukannya dengan kitab ini? . Ketika dia sampai pada gurunya dan mengembalikan kitab tersebut Syeikh Nasir tambah marah pada Syekh Syaroni . Di tengah rasa marah ini Syeikh Nasir ditanya tentang suatu masaLah yang mengharuskannya untuk membaca kitab Al-Mudawwanah. Ketika membukanya ía kaget karena di situ ada catatan-catatan tangan Syeikh Syaroni . Demikian lembar demi Lembar seLalu ada catatan tangan Syeikh Sya'roni . Karena heran dengan kenyataan ini Syeikh Nasir
bertanya pada muridnya tadi : “Apa yang diLakukan Syeikh Sya’roni dengan kitab ini. Diapun menjawab: Demi ALlah... dia tidak berpisah dariku kecuali hanya dua puluh menit, beLiau tidak meninggalkan wiridan dan tahajjudnya Demi mendengar keterang muridnya ini, Syeikh Nasir LaLu pergi menghadap Syeikh Syaroni dengan tanpa memakai alas kaki dan tutup kepaLa. Ketika sampai di hadapan Syeikh Syaroni Syeikh Nasir berkata : ‘Sekarang aku bertaubat. Aku tidak akan berani lancang pada goLongan ahli Tasawwuf. Syeikh Syaroni LaLu berkata : Mahukah tuan aku tunjukkan kitab ringkasan kitab AL-Mudawwanah, yang aku Lakukan malam itu ? kalau memang ada yang menerimanya itu semata-mata anugerah ALlah , dan barokah Izin Nabi KaLau tidak ada yang menerimanya maka aku akan menghapusnya dengan air. LaLu Syeikh Nasir memberikan kata pengantar, dan memuji kitab Syeikh Syaroni i. Di antara karomah Imam Syaroni adalah suatu ketika ia tidur di rumab kawannya di sebuah ruang terpencil yang banyak jinnya. Pada petang harinya kawannya ini menyaLakan Lampu di ruangan itu, menutup pintu LaLu meninggaLkan Syeikh Syaroni sendirian. LaLu datangLah sekeLompok jin. Mereka mematikan lampu dan mengitari Syeikh kita ini hendak mengganggunya. Tahu akan apa yang terjadi Syeikh Syaroni berkata : Demi keagungan ALlah.... Kalau saja aku mahu menangkap saLah satu di antara mereka, nescaya tidak akan ada satupun yang mampu meLepaskannya. LaLu Imam Syaroni . tertidur dengan tenang seperti tidak ada apaapa. Di antara karomahnya adaLah, suatu ketika Imam Syaroni berkata : Aku diberi anugerah oleh AlLah berupa pengetahuan apakah seorang waLi sedang berada dalam kuburnya atau tidak. Karena memang para wali dalam kuburnya mempunyai aktifitas tersendiri. Mereka seLalu datang dan pergi. Keistimewaan ini juga di miLiki oLeb Syeikh ‘ALi aL-Khowwas guru Syeikh Syaroni . Sang guru ini kaLau melihat seseorang mahu ziaroh ke makam seorang waLi kadang-kadang mengatakan : Cepatlah pergi kesana, karena sebentar Lagi sang wali mahu pergi untuk keperLuan! . Suatu ketika Syeikh Syaroni ziarah ke makam Syeikh Umar Ibn aL-FaridL , tapi tidak menjumpainya dalam kuburannya. SeteLah itu, Syeikh Umar datang kepadanya, sambil berkata Maafkan saya, karena tadi aku ada keperluan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar